Sabtu, 23 Juli 2022

DIDUGA OKNUM KEPALO TIYUH INDRALOKA II MENJUAL TANAH ASET TIYUH KE PERUSAHAAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI

    7/23/2022   No comments

 



TULANG BAWANG BARAT -- Sabtu 22 juli 2022, Diduga kuat oknum kepalo Tiyuh Indraloka II kecamatan way kenanga kabupaten tulang bawang barat berinisial NP ( 55 ) menjual Tanah Aset tiyuh berupa Tanah Restan ( R ) ke perusahaan yang ada di Tiyuh tersebut dan diduga untuk kepentingan pribadi.


Dugaan kuat pejualan aset Tiyuh berupa Tanah restan(R) Oleh oknum kepalo Tiyuh Indraloka II Mencuat saat tim media ini melakukan penelusuran tukar guling jalan tanah antara Tiyuh Indraloka II dengan CV Agri Strach yang diduga bernilai Ratusan Juta Rupiah. 


Jika mengacu pada undang-undang nomor 28 tahun 1999 tanggal 19 mei 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme dan undang-undang nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintah meliputi larangan melampaui wewenang. Penyalahgunaan wewenang dalam pasal 17 dan 18 sangat jelas ada yang dilanggar oleh oknum kepalo tiyuh.


Menurut keterangan Beberapa masyarakat yang tidak mau di sebutkan namanya dari Suku 01 tiyuh indraloka II yang menempati Tanah (R) aset Tiyuh yang di jual ke salah satu perusahaan mengadu dan mohon petunjuk untuk tindak lanjut, Mengatakan ke tim media ini bahwa ada Tanah aset Tiyuh yang sudah bersertifikat atas nama Muyanto di jual secara sepihak oleh oknum Kepalo Tiyuh NP tanpa memberi tahu Muyanto selaku atas nama di sertifikat itu, berdasarkan aduan dan informasi dari beberapa masyarakat suku 01 Rt 01 tim media melakukan penelusuran, dan di dapati bukti-bukti kuat aduan masyarakat suku 01 Rt 01 Indraloka II benar adanya. 


Salah satu saksi, Wandito ketua Suku 01 memberikan informasi melalui via handphone bahwa benar sudah terjadi penjualan tanah bersertifikat atas nama muyanto oleh oknum kepalo Tiyuh ke perusahaan," waktu itu sudah lama, kepalo Tiyuh NP pernah pinjam rekening saya untuk di pakai menerima uang hasil penjualan tanah kurang lebih Rp 50 lima puluh juta rupiah.


setelah uang penjualan tanah itu di tranfer ke rekening saya dari CV Agri Strach uang itu saya ambil dan kami antar ke kepalo tiyuh NP bersama H Supri menejer CV Agri Strac dan Fauzan Tokoh masarakat Suku 01," Kata Wandito. 


Keterangan yang sama di sampaikan salah satu wakil perusahaan CV Agri Strack dan membenarkan telah membeli tanah seluas kurang lebih 125 Hektar dari NP, Ketika di konfirmasi ke juru tulis tiyuh indraloka II Samuel terkait penjualan aset Tiyuh berupa tanah restan(R) oleh oknum kepalo tiyuh NP dan adakah laporan ke peruntukan hasil penjualan ke sekdes Samuel menjawab tidak tau menahu dan tidak pernah di beritahu oleh kepalo tiyuh NP. 


Untuk memperdalam bukti dan saksi tim menelusuri keberadaan atas nama yang berada di sertifikat dan bertemu dengan Muyanto, warga indraloka jaya. Muyanto siap memberikan kesaksian dan saat di konfirmasi melalui vidio, muyanto menjawab pertanyaan tim media.


-Apa pak muyanto tau kalau ada tanah bersertifikat atas nama muyanto di jual oleh oknum kepalo Tiyuh NP ke CV Agri Strach, Mulyanto menjawab : Tidak, soalnya saya tidak pernah memegang dan melihat sertifikat itu, kalau letak tanahnya saya tau tapi lupa-lupa ingat tepatnya. Karena memang saya tidak merasa memiliki tanah itu, yang saya tau nama saya di buat atas nama sertifikat itu sudah lama waktu kepalo tiyuh yang lama warto dari mulut ke mulut, sampai saat ini saya tidak tau dimana sertifikat yang katanya atas nama saya itu." Ucap muyanto. 


Dengan ada nya bukti dan saksi kuat tim mendatangi kediaman kepalo tiyuh NP pada hari senin tanggal 18 juli 2022 sekira pukul 21,00 WiB karena sudah membuat janji dan NP dengan senang hati memberikan informasi.


Dengan jelas NP mengatakan, "memang benar dindo, kando mu ini menjual tanah aset tiyuh/Desa berupa Tanah (R) harganya dibawah Lima puluh ( 50 ) juta rupiah dan jika mau disuruh mulangin kando siap.


NP pun menambah kan, jika dindo mau ngusut aset tiyuh yang di jual jangan kando saja yang di usut" Tegas NP. 


Atas dasar bukti dan saksi pengakuan dari oknum kepalo tiyuh indraloka II NP ,masyarakat khususnya RK 01 segera membuat laporan ke polres tulang bawang barat, harapan di sampaikan masyarakat, semoga penegak hukum dapat menegakkan hukum seadilnya tidak pandang bulu juga kepada NP yang seolah kebal hukum dengan mengatasnamakan Kepalo tiyuh sebagai pejabat publik. 


Harapan di sampaikan pula masyarakan kepada tim media agar mendampingi dan mengawal proses hukum NP hingga terang. 


Reporter : Feri/tim

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.