Sabtu, 09 Juli 2022

PULUHAN TAHUN TAK TERSENTUH PERBAIKAN, WARGA MUARO GADANG TIMUR IYURAN LONDER UNTUK PERBAIKI JALAN

    7/09/2022   No comments

 



SUMBAR -- sabtu 9 juli 2022 - 10:00 wib, Warga berinisiatif iyuran londer utk perbaiki jalan dengan bersama, di ruas jalan kampung muaro gadang timur yang berada nagari Muaro gadang air haji.


Kondisi di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Linggo Sari baggati, pesisir selatan sum-bar mengalami kerusakan cukup parah tak kunjung ada perbaikan. Warga pun berinisiatif iyuran untuk bayar alat berat (londer) untuk perbaiki jalan yang semak dan berlubang . Salah satunya dilakukan di ruas jalan yang berada nagari Muaro gadang timur.




Wali nagari Muaro gadang air haji "cendelvino.s.pd. mengakui, kondisi ruas jalan penghubung antara kampung dengan status jalan kabupaten, memang sudah lama rusak dan belum ada perbaikan. 


"Sudah puluhan tahun tidak ada perbaikan, entah kapan dapat giliran. Kadang saya memaklumi keterbatasan anggaran dari kabupaten yang ada. Tapi ya itu, cuma bisa "arok -arok"(berharap). Warga tahunya kan jalan rusak ya usulnya ke wali nagari. Apapun status jalannya, yang dikejar ya wali nagari nya. Ya pokoknya diupayakan karena semua demi warga," ucapnya..


Menurut sekretaris nagari "Irwandi, mengatakan pihaknya sudah pernah mengusulkan perbaikan jalan ke dinas terkait' Sedangkan dinas terkait meminta pihak Pemerintah nagari Muaro gadang untuk bersabar. ujar nya..


Menurut warga (HR), selama ini jalan penghubung antar desa yang rusak, diperbaiki dengan cara tambal sulam dengan Sirtu (Pasir Batu). Meskipun tidak maksimal upaya tersebut, namun paling tidak bisa sedikit membantu warga yang beraktifitas dan melintas di jalan setempat.


"Sambil menunggu anggaran dari Pemkab kabupaten, kami (warga) inisiatif iuran mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp 100ribu."


Ia menambahkan, ksmi mendatarkan & menbersihkan ruas jalan di sepanjang 1 km lebih.


"HR" juga menceritakan bahwa ia pernah diberi ide oleh Kepala kampung Muaro gadang barat & timur Nopi & Suherman untuk berkirim surat ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terkait pinjam kendaraan selender.paparnya...




Pengakuan yang sama juga diungkapkan "suardi jasma" tokoh masyarakat nagari setempat. "Ia menyatakan jika jalan di desanya amat sangat jelek, terutama kalau musim hujan. 


"Puluhan tahun tidak tersentuh perbaikan, jalannya rusak banyak berlubang. Kalau kemarau debunya kemana mana, kalau musim hujan jalan becek dan ketutup air, membahayakan. Sudah berkali kali ada orang jatuh karena kondisi jalan," ungkapnya..


Diketahui, dari total sekitar 10.kilometer jalan kabupaten, sepanjang 2 kilometer dinyatakan rusak sedang. Sedangkan pengerjaan sepanjang tahun 2022 baru mulai sekitar 1,800 kilometer pen'aspal,an itu pun,ngak sampai ke Negari lain..


REPORTER : HEN.

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.