Selasa, 23 Agustus 2022

MIRIS, BUANG-BUANG ANGGARAN, BARU DIRENOVASI PUSKESMAS PABATU SAMPAI SAAT INI TIDAK DIGUNAKAN

    8/23/2022   No comments

 



SUMUT - Sarana kesehatan yang ditaksir menghabiskan dana miliaran rupiah itu merupakan proyek Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi yang dikerjakan tahun 2020.di sia siakan hingga sekarang ini.


Selama hampir ± satu tahun Pasca direnovasi, Pustu Lubuk Baru yang berada di Kedai Damar jalan Gatot Subroto Kecamatan Padang hulu kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara  belum beroperasi kembali hingga saat ini.


Dikatakan Ketua DPC LSM ANTARA Kota Tebing Tinggi ,Ade Irawan bahwa Pustu Lubuk Baru tersebut telah direnovasi menjadi  Puskesmas Pabatu pada awal 2020 dan sudah selesai pekerjaannya pada akhir  tahun 2021. Namun, hingga saat ini tahun 2022 belum  dipergunakan lagi dan terbengkalai. 


"Kira-kira ± delapan bulan yang lalu, sudah selesai tapi tidak dipergunakan lagi dan terbengkalai tidak terurus.  Ketua LSM ANTARA DPC Kota Tebing Tinggi ,Ade Irawan  dan warga merasa prihatin melihat keadaan nya dan tidak nyaman dilihatnya, mengganggu keindahan lingkungan," katanya, saat ditemui di lokasi, (23/8/22).



Dijelaskan warga disekitar  sebelumnya Pustu Lubuk Baru itu telah membuka pelayanannya beberapa tahun lalu dan buka setiap hari, bahkan banyak warga yang melakukan pengobatan. Menurutnya, saat renovasi berlangsung, pelayanan berpindah ke Puskesmas Pabatu jalan Jaksa Masuk Desa no 40 kelurahan Lubuk Baru Kota Tebing Tinggi ". Tapi setelah renovasi selesai tidak jelas penggunaannya sekarang," ucapnya


Bahkan, warga pun merasa terganggu dengan bangunan kosong tersebut. Mereka merasa khawatir adanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. "Ya warga jelas terganggu dan tidak menutup kemungkinan di malam hari kami tidak tahu seperti apa ," katanya.


Sementara, warga yang tidak mau  disebutkan namanya mengatakan, banyak warga yang datang untuk berobat namun Puskesmas tak kunjung buka. "Tentu warga merasa kecewa, karena kami juga kan membutuhkan pelayanan kesehatan. Adanya puskesmas ini kan salah satu mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya.


Ade Irawan  pun mengatakan hal yang sama, sejak di renovasi Puskesmas tersebut tidak pernah buka. Padahal, banyak warga di lingkungannya yang berobat ke sana, dan Puskesmas itu merupakan satu-satunya yang terdekat. "Iya, kenapa sejak di renovasi engga pernah buka, warga disini kan juga banyak yang berobat. Jadi ada warga yang masih kecolongan , ternyata asal datang  kosong, kan kasihan berobatnya jauh  katanya ketua DPC LSM ANTARA  Ade Irawan Kota Tebing Tinggi kepada awak media Mata Expose.


Sebelumnya, ia menjelaskan, Puskesmas sempat beroperasi dan petugasnya pun cukup lengkap. Namun, sejak beberapa tahun lalu tak lagi beroperasi. "Padahal kalau memang tidak  dipakai, ya ngapain di renovasi mahal-mahal dengan mengunakan dana lebih dari 3 M  . Tapi ya itu, harus segera diisi, digunakan lagi buat puskesmas," ucap Ade Irawan 


Kepala Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi,Dr Iqbal saat di konfirmasi melalui whatshap oleh awak media Mata Expose  hanya menjawab nanti saya kordinasi kan sama kapus nya ,dan berapa lama nya saya tidak tau .

Reporter : Yopi

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.