Rabu, 10 Agustus 2022

POLISI PEDULI PENDIDIKAN, IPTU HARUN: GADGET BAGI ANAK BAGAI DUA MATA PISAU

    8/10/2022   No comments

 



TULANG BAWANG -- Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, melaksanakan kegiatan pembinaan dan penyuluhan (binluh) kepada pelajar dan tenaga pendidik (guru).


Kegiatan binluh ini berlangsung hari Selasa (09/08/2022), pukul 08.00 WIB s/d pukul 14.00 WIB, di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Bujuk Agung, Kampung Bujuk Agung, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang.


"Kemarin saya bersama dengan empat personel Sat Binmas dan dua personel Polwan melaksanakan kegiatan binluh kepada pelajar dan tenaga pendidik (guru) di SD Negeri 1 Bujuk Agung," kata Kasat Binmas, Iptu Harun, mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Hujra Soumena, SIK, MH, Rabu (10/08/2022).


Kegiatan binluh ini, lanjut Iptu Harun, sebagai bentuk nyata bahwa Polisi peduli pendidikan. Adapun materi yang disampaikan, diantaranya manfaat dan kerugian gadget untuk anak-anak, serta cara mengatasi kecanduan gadget pada anak.


"Penggunaan gadget bagi anak bagai dua mata pisau. Di satu sisi memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak, namun disisi lain juga memberikan dampak yang berbahaya bagi perkembangan karakternya," ujar Kasat Binmas.


Menurutnya, gadget memiliki beberapa manfaat yang dapat menunjang pengetahuan serta mempersiapkan anak menghadapi dunia digital. Selain itu, gadget juga meningkatkan motivasi dan minat belajar anak.


Sedangkan dampak negatifnya, dapat menghambat perkembangan motorik anak, menghambat perkembangan bahasa dan sosial anak, menimbulkan masalah perilaku, serta menimbulkan masalah kesehatan fisik.


Guna mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak, Iptu Harun memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan oleh guru dan orang tua di rumah.


"Orang tua membuat aturan, mengalihkan perhatian anak, batasi akses penggunaan gadget, sediakan permainan alternatif, contoh yang baik dari orang tua, disiplin, konsisten, dan tegas, serta perbanyak waktu bersama anak," paparnya.


Pada kesempatan tersebut, juga disampaikan agar para pelajar menghindari pelanggaran seperti kenakalan remaja, geng motor, narkoba, dan lain-lain. Kami juga memberikan motivasi agar para pelajar semakin giat untuk belajar.


Kegiatan binluh ini dihadiri oleh 74 orang yang terdiri dari dua pengawas SD, 18 orang Kepala Sekolah SD se-Kecamatan Banjar Margo, 18 orang dewan guru pendamping, dan 36 orang perwakilan pelajar SD se-Kecamatan Banjar Margo. (Rusdi)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.