Selasa, 13 September 2022

GEREBEK GUDANG PENIMBUNAN BBM BERSUBSIDI, KAPOLRES BESERTA DANDIM 0412 TURUN TANGAN

    9/13/2022   No comments

 


LAMPUNG UTARA -- Team gabungan Polres bersama Komando Distrik Militer 0412 kabupaten Lampung Utara menggerebek sebuah gudang yang diduga melakukan penimbunan BBM bersubsidi di desa Kali Balangan kecamatan Abung Selatan pada Senin malam ( 12/9/2022 ) sekitar pukul 22.15 wib.


Penggerebekan sebuah gudang yang diduga melakukan penimbunan Bahan Bakar Minyak ( BBM ) ini dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail dan Dandim 0412 Letkol Inf Andi Sultan bersama jajaran nya.


Disaat melakukan penggerebekan Polri serta TNI berhasil menemukan derigen yang berisikan ribuan liter bahan bakar jenis solar dan pertalite di gudang milik Jaelani salah satu warga desa kali balangan kecamatan abung selatan kabupaten Lampung Utara.


Kapolres beserta  Dandim 0412 saat dikonfirmasikan salah satu awak media di lokasi pengerebekan bahwa langkah yang di lakukan ini adalah komitmen Polri dan TNI menindak kasus penimbunan bahan bakar minyak bersubsidi di wilayah kabupaten Lampung Utara.


"Malam ini bersama Dandim 0412 telah berhasil mengungkap kasus penimbunan bahan bakar minyak jenis solar dan pertalite yang memang sengaja di timbun oleh pelaku " terangnya.


Menurut Kapolres AKBP Kurniawan Ismail mengatakan Polri dan TNi berhasil mengamankan barang bukti bahan bakar minyak dengan jumlah 52 derigen yang berisikan solar lalu 15 derigen yang berisikan pertalite.


"Barang bukti yang telah kita aman ada 67 buah derigen setiap jirigennya berukuran 30 liter jadi untuk jumlah keseluruhan nya 2010 liter" jelasnya.


Pihaknya bersama TNi akan mendalami kasus penimbunan bahan bakar minyak ini akan melakukan penindakan kelanjutan dan masih dalam pengembangan untuk menangkap pelaku lainnya.


"Secepatnya akan ditindak lanjuti dan dikembangkan lebih dalam ke SPBU serta menangkap pelaku lainnya kemudian akan kita jerat dengan Undang-Undang Migas maka untuk itu kasus ini masih dalam proses penyidikan  agar menangkap para pelaku lainnya yang terlibat dalam kasus penimbunan Bahan Bakar Minyak subsidi " tandasnya.


Kemudian terkait dengan dokumen-dokumen tersebut masih dalam proses penyidikan apalagi masalah ini sudah jelas melanggar aturan yang ada .


"Berdasarkan dari Berita Acara Pemeriksaan ( BAP ) pelaku sudah cukup lama melakukan profesi ini mulai dari tahun 2014 silam " ungkapnya. 


Setelah mempelajari dokumen yang sudah lama dari tahun 2014 tetapi jika dilihat perkara ini sudah menyalahi aturan selanjutnya telah memodifikasi mobil yang digunakan pelaku untuk menimbun bahan bakar minyak di gudang.


Jika dikalkulasikan dalam setiap jerigennya berisi 30 liter dikalikan 52 jerigen jumlahnya 1560 liter solar maka untuk itu masih dalam proses penyidikan dan dikembangkan kemana mereka mendistribusikan bahan bakar minyak ini.


Sementara itu masih ditempat yang sama Dandim 0412 Letkol Inf Andi Sultan mengatakan bahwa pihak TNI memang telah berkomitmen untuk membantu pihak Polri untuk membasmi tindak pelaku penimbunan BBM di wilayah kabupaten Lampung Utara.


Selanjutnya Dandim mengatakan akan menindak tegas  jika terdapat oknum TNI yang terlibat dalam kasus penimbunan BBM bersubsidi.


"Untuk ini pihak Kodim 0412 siap membantu pihak Polres Lampung Utara untuk melakukan membasmi mafia penimbunan bahan bakar minyak bersubsidi di kabupaten Lampung Utara maka untuk kedepannya tidak ada lagi kasus serupa, jika ada anggota saya yang terlibat dalam hal ini akan ditindak tegas kemudian diberikan sanksi sesuai dengan Undang - Udang yang berlaku pastinya " tegasnya.


Untuk itu kepada para pelaku mafia penimbunan BBM dan pengusaha SPBU yang ada di kabupaten Lampung Utara agar dapat melakukan penjualan yang sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan dan Undang - Undang yang telah di tetapkan pemerintah pusat melalu kementerian Migas republik indonesia.

( cadra/yoga ).

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.