Jumat, 23 September 2022

KETUA LPKAN-RI MENGUTUK KERAS OKNUM DINAS DI KARAWANG YANG AROGAN DAN TIDAK PERIKEMANUSIAAN

    9/23/2022   No comments



JAKARTA – Menanggapi dugaan penganiayaan kepada dua jurnalis di Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh oknum pejabat ASN berinisial A, Ketua Lembaga Pemantau Aset dan Keuangan Republik Indonesia (LPAKN-RI) PROJAMIN, F. Haris Nasution, SH mengutuk keras tindakan oknum ASN tersebut. Hal tersebut disampaikan saat dikonfirmasi oleh awak media melalui pesan singkat, Kamis (22/09/2022).


Haris Nasution sangat menyayangkan kejadian yang terjadi di Karawang karena di zaman era pasca Reformasi masih ada tindakan pengancaman, pemukulan dan penganiayaan wartawan seperti yang terjadi baru-baru ini di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Padahal di jaman kebebasan Pers ini wartawan seharusnya dilindungi dan tidak di halang-halangi saat mencari berita seperti yang dimaksud didalam Undang-Undang Pers No. 40 Tahun 1999 Bab II tentang Asas, Fungsi, Hak, Kewajiban dan Peranan Pers di Pasal 3 ayat 1 Pers Nasional yang mempunyai Fungsi sebagai media Informasi, Pendidikan, Hiburan dan Kontrol Sosial. Pasal 4 ayat 1 Kemerdekaan Pers dijamin sebagai Hak Asasi Warga Negara, dan ayat 3 untuk menjamin kemerdekan pers. Pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi juga di dalam Bab VIII Pasal 18 ayat 1 Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 Ayat (2) dan Ayat (3) dipidana dengan penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah) dan Undang-Undang Keterbukaan Publik.


“Apalagi tindak tersebut sudah tidak perikemanusian lagi,dengan tindakan menculik, mengintimidasi, dan hingga tindakan penganiayaan, apalagi hingga dipaksa menenggak air seni Oknum pejabat tersebut, ini sudah sangat keterlaluan. Semoga pihak kepolisian merespon tindak pidana ini dengan menangkap para pelaku sampai dengan aktor intelektualnya juga dan menjerat para pelaku dengan jeratan maksimal,” ujar Haris.


Haris juga mengatakan,”Jangan sekali kali menyakiti, melakukan penganiayaan dan menghalangi tugas wartawan karena wartawan tersebut di lindungi Undang undang Pers No.40 Tahun 1999,” tegasnya.


Menurut Haris tindakan yang dilakukan oleh oknum ASN tersebut telah mencerdai marwah profesi Pers sendiri yang seharusnya di lindungi sebagai Kontrol Sosial saat menjalankan tupoksinya.


“Ini harus mendapatkan perhatian serius dari pihak pihak terkait terutama dari pihak Kepolisian Polres Karawang dan harus secepatnya ada tindakan urgensi dari aparat kepolisian yang di khawatirkan nantinya ada kejadian seperti ini terulang kembali yang akan dilakukan oleh oknum pejabat dan lain lain sebagainya yang dengan mudah menggunakan cara keji maupun kotor kepada wartawan seperti yang terjadi kepada 2 orang jurnalis di Karawang ini dikarenakan merasa lagi mendapatkan sorotan,” katanya.


“Undang Undang Pers No 40 Tahun 1999 sudah jelas ditabarak oleh oknum pejabat ASN tersebut. Bila dia merasa keberatan dengan pemberitaan yang di lakukan oleh jurnalis, diakan punya Hak Jawab, Hak Tolak dan Hak Koreksi dan bisa mengadukan ke Dewan Pers yang nantinya akan menjadi Fasilatator dalam memediasi dan sebuah keberatan dalam pemberitaan, bukan dengan cara kasar dan atau main hakim sendiri,” ucapnya.


Seperti diketahui dua orang wartawan korban penganiyaan tersebut telah melaporkan kejadian yang dialaminya kepada pihak Polres Karawang dengan No. Laporan STTLP/174/IX/SPKT.RESKRIM/POLRES KARAWANG /POLDA JAWA BARAT.Senin 19 September 2022.


Seperti di video yang beredar sebelumnya ada pernyataan dari salah satu wartawan korban penganiyaan di Karawang Jawa Barat tersebut,yang mengaku telah diculik oleh beberapa orang yang menurut korban adalah orang suruhan dari oknum pejabat ASN di Karawang dengan inisial A yang menganiyaya kedua wartawan tersebut juga mengintimidasi mereka bahkan dengan sangat kejinya korban dipaksa untuk meminum air seni dari pejabat tersebut sebanyak 3 kali dan barang barangnya.

Reporter : Ti'ah

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.