Jumat, 09 September 2022

KONFLIK ELIT POLITIK DESA KAKIANG KECAMATAN MOYO HILIR, KABUPATEN SUMBAWA

    9/09/2022   No comments

 



NTB -- Can. Dr. Sofyan Haryadi. S.Pd. M.Si,. mahasiswa semester akhir program studi doktor ilmu komunikasi Universitas Sahid Jakarta saat dimintai pendapatnya terkait konflik elit politik di.desa Kakiang kepada tim Kabar investigasi menegaskan, Senin 9/9/2022.


" bahwa konflik elit di desa kakiang dikarenakan oleh menumpuknya sumber finansial pada pemerintahan desa. Bagaimana tidak pemerintah desa mengelola keuangan yang cukup fantastis, melebihi dinas dan instansi pemerintah daerah. 


Anggaran satu milyar lebih yang dikelolah oleh pemerintah jika tidak diawasi dengan baik menjadi ladang korupsi kepala desa, staf desa dan ketua BPD..


Menumpuknya sumber daya keuangan di desa baik yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), dana alokasi umum (DAU) serta dana dana.lain dari pihak ketiga mendorong elit politik desa dalam pusaran konflik atau kompromis. Lanjut Sofyan bahwa konflik tersebut kerap melibatkan dua lembaga tertinggi di desa. Badan permusyawaratan desa (BPD) dan kepala desa sebagai pengelolah anggaran, pengguna anggaran desa.


Konflik juga dapat terjadi karena disharmonisasi hubungan aktorr, distribusi kue pembangunan, ketidak transparansi pengelolaan keuangan desa, lemahnya nilai tawar BPD dimata kepala desa. Atau sebaliknya. 


Duel dua lembaga ini mengakar sejak diberlakukannya undang undang tentang penyelenggaran pemerintahan desa dan undang undang lain yang mengatur tentang desa. 


Nilai tawar BPD pada fungsi pengawasan sebagaimana ditegaskan dalam permendagri No.110 tahun 2016 yang memuat tentang peran dan fungsi BPD juga mengatur tentang kewajiban Kepala.desa menyerahkan laporan tahun LKPPD dan laporan akhir masa jabatan LPJ kepada BPD. Bahwa laporan yang telah diajukan kepada kepala daerah tampak persetujuan dari BPD. harus dikembalikan lagi ke desa.


Namun demikian Sofyan mengakui tidak semua BPD tau hal tersebut. Sejauh pengamatannya, ungkap dosen muda fakultas ilmu sosial dan ilmu.pemerintahan UTS. 


jarang menemukan anggaran pendapatan dan belanja desa APBDes mengalokasikan angaran bimtek bagi anggota BPD apalagi melihat angaran untuk honor gaji staf administrasi BPD.


Terkait hal itu Sofyan menambahkan, hal teraebut murni soal ketidak tauan anggota lembaga terhormat desa. Apa yang disampaikan oleh ketua BPD dan wakil ketua BPD desa Kakiang begitu mencengangkan, pelajaran memilukan buat lembaga BPD. 

Masih untung masyarakat desa Kakiang kritis, mendesak BPD mengevaluasi kinerja pemerintah desa. 


Adanya pengakuan masyarakat atas pemotongan sejumlah uang BLT oleh pemerintah desa menjadi pemicu utama munculnya konflik. 


Hal serupa hampir dialami oleh semua desa.Konflik.menguat ketika anggota BPD mendapat suntikan pengetahuan,L baru, pemahaman baru akani fungsi dan tugas BPD. Disamping adanya tekanan dari masyarakat meminta LKPPD kepala desa kepada BPD.


Terkait konflik dimaksud Dahredrof mengistilahkan.hal.yang demikian dengan konflik otoritas. Konflik otoritas terjadi jika dua orang atau lembaga berkisruh dikarenakan terjadi selisih kepentingan, fungsi, distribusi kekuasaan yang tidak merata. 


Konflik juga bisa terjadi karena terjadinya disfungsi. Misalnya anggota BPD membela kepala desa atau mengambil wewenang ketua BPD dan seterusnya. Jika satu lembaga tidak lagi menghargai fungsi dan wewenang lembaga lain maka konflik akan semakin menguat ungkap Sofyan..


Konflik baru muncul kepermukaan manakala pemegang otoritas pada dua lembaga tidak menemukan kesepakatan, kesepahaman dalam melihat persoalan yang terjadi di desa. 


Demikian kira kira pemicu konflik antara dua lembaga tinggi pemerintahan di desa Kakiang. Strotitaef kepala desa pada ketua lembaga badan pemasyarakatan desa BPD menjadi pemicu utama konflik. Konflik juga soal gengsi dan harga diri lembaga tandas Sofyan.


Saat ditanya tentang peluang negosiasi ulang antara lembaga BPD desa Kakiang dengan kepala.desa dirinya melihat sulit didamaikan. Karena konflik ini sudah masuk ranah hukum. 


Saat ditanya lembaga mana yang paling kuwat nilai tawarnya dimata hukum Sofyan


REPORTER : AGUS S.

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.