Sabtu, 17 September 2022

KUNJUNGAN DIRUT BARU PERUMDAM BATU LANTE, MENINJAU TEMPAT INSTALASI PENGELOLAAN AIR BERSIH ( IPA) DI KECAMATAN UTAN, SUMBAWA

    9/17/2022   No comments

 



NTB -- Sejak dilantik Minggu lalu, Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumdam) Batulanteh , H. Abdul Hakim, S.E,. Meninjau atau turun lansung menuju kecamatan utan, ke bendungan beringin sila mencek IPA dan penampungan pengelolaan air bersih pdam dan mengecek apa permasalahan atau kendala yang dialami oleh masyarakat tentang air bersih pdam selama ini,pada Kamis, tanggal, 15/9/2022.


Turut hadir mendampingi, H. Abdul Hakim, S.E,.

didampingi oleh komisi 4 antara lain :

*)Berlian Rayes ,S ,Ag, M.Si.

*)Munardi

*)H. Salman Alfarizi ,SE, M.Si.

*)Cecep Lesbano , SE, M.Si.

VDibawah kepemimpinannya, Ia akan mengoptimalkan pelayanan PDAM Sumbawa, sesuai dengan Visinya, menjadikan PDAM ini, perusahaan yang Sehat, Inovatif dan Prima.


“Sehat dari segi kinerja sesuai dengan hasil audit kinerja BPKP, yang menjadi tolak ukurnya. Inovatif, kita selalu berinovasi, dengan memanfaatkan teknologi, dalam rangka sistem penyediaan Air Minum. Kemudian prima, kita prima di dalam pelayanan, artinya kita respon cepat terhadap keluhan-keluhan pelanggan maupun kebocoran-kebocoran dan lain sebagainya yang mengganggu proses distribusi Air ke rumah-rumah pelanggan”. Ujarnya



Selain menjelaskan Visinya, kedepan, ia akan menerapkan standar 3K untuk PDAM Sumbawa, yaitu Kualitas Kuantitas dan Kontinuitas.


“Perumdam Batu Lante harus memenuhi unsur 3K, yaitu, Kualitas, artinya air yang teraliri ke konsumen itu atau ke pelanggan memenuhi kualitas seperti, tidak mengganggu kesehatan, bebas dari mikroorganisme”


“Kuantitas, artinya, jumlah produksi Air Baku harus sesuai dengan jumlah pelanggan kita yang ada sekarang. Jumlah pelanggan yang ada sebelum saya masuk ke sini sekitar 1600 -an sekian, Dan direncanakan ada penambahan SR sampai kecamatan buer dan alas.


“Kontinuitas, artinya, air yang mengalir ke pelanggan-pelanggan itu harus tersedia 24 jam. nah inilah yang belum terpenuhi saat ini”. Ujarnya


Menurutnya, Penyaluran Air ke Rumah pelanggan menjadi terkendala, disebabkan Oleh beberapa hal, seperti produksi Sumber Air Baku, Instalasi pengolahan dan Volume Air Baku yang bisa diproduksi.



H. Abdul Hakim, S. E,. Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumdam) Batulanteh, “kami sudah turun ke lapangan dan kami dapat deteksi beberapa permasalahan yang ada di Sumber Air Bakunya. Ternyata masalahnya, mulai dari saringan pasir lambat yang ada di Sungai. 


Saringan pasir lambatnya sudah tidak berfungsi lagi karena sudah tertutupi sedimen, baik Tanah, Batu dan Sampah”.


“Kemudian pintu airnya juga. Paling 50% yang masih berfungsi, padahal Pintu Air ini penting, karena di pintu Air ini kita membagi mana yang untuk irigasi, mana yang untuk Air Bersih” Sambungnya


Selain terkendala di Sumber Air Bakunya, ia juga menjelaskan bahwa, kendala distribusi Air Bersih ke Rumah Pelanggan, karena Masyarakat Sekitar mengambil Air Baku PDAM dan Banyak Pipa Saluran Induk yang mengalami Kebocoran.


Untuk itu, kedepannya, Ia akan merencanakan berkoordinasi dengan Pemda Sumbawa untuk membicarakan tentang penggantian jaringan pipa yang lama diganti dengan pipa yang baru karena pipa yang lama sudah tidak layak dipergunakan lagi.


“Kita akan mengoptimalkan pelayanannya dulu, setelah pelayanan optimal, kita akan menyesuaikan tarifnya”. Tambahnya.


Oleh karena itu, Ia berharap kepada Masyarakat, Khususnya pelanggan PDAM Kabupaten Sumbawa agar memberikan masukan kepada PDAM, selama masukan itu sifatnya Konstruktif dan mengendapankan kesantunan.


Untuk perlu diketahui, Selain Semongkat, PDAM Kabupaten Sumbawa akan mengupayakan Sumber Air Baku Ai Ngelar, sebagai Sumber Air Baku Baru PDAM.


Lanjut Berlian Rayes,S, Ag, M.Si. Dengan kedatangan Derut PDAM ke bendungan beringin sila mejelaskan kami menyambut baik dan bakal mendampingi Derut baru PDAM untuk memastikan tentang permasalahan air dikecamatan utan, kami menyampaikan kepada beliau bawa masih ada masalah di PDAM, Terutama air kru dan permasalahan permasalahan yang lainya.tutupnya, (Agus s).

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.