Sabtu, 10 September 2022

PEKERJAAN SILUMAN, TANPA PAPAN INFORMASI DEMI MENGELABUI MASYARAKAT DAN BANYAK KEJANGGALAN

    9/10/2022   No comments


 

WAYKANAN -- Sesuai amanah undang-undang keterbukaan Puplik (KIP) nomor 14 tahun 2008 dan Perpres nomor 54 tahun 2010 dan nomor 70 tahun 2012 di mana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai oleh suatu negara wajib memasang papan informasi nama proyek.


Sedangkan dalam peraturan presiden,( Perpres ) nomor:54 tahun 2010 dan Perpres nomor : 70 tahun 2012 tertuang terkait kewajiban memasang papan nama proyek.


Baik memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan pekerjaan dan nilai dari pada kontrak jangka waktu lamanya pekerjaan. Pemasangan papan nama proyek merupakan azaz transparansi, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.



Pasalnya, suatu pekerjaan Siring (drainase) di desa Taman Asri, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung Diduga banyak kejanggalan, salah satu contohnya diduga mengurangi volume material dan diduga tidak sesuai spek serta papan informasi pun tidak dipasang.


Pekerjaan siring pasang yang dananya dilontarkan memakai Dana Desa (DD) tahun angaran 2022 banyak kejanggalan ini di sosroti oleh warga setempat maupun warga yang melintas dari lokasi pembangunan Siring (drainase) ini tidak ada papan nama proyek.



Menurut Masyarakat yang enggan disebutkan mengatakan, Ini kabarnya proyek dari Desa, Pekerjaan proyek ini sudah berjalan lebih kurang 1 Minggu, sudah mencapai 40% namun tanpa papan proyek. Saptu 10 September 2022


"Hal inilah yang menjadi sorotan masyarakat yang melintas ditempat pekerjaan Siring (drainase) proyek "siluman" karena sama sekali tidak ada papan nama (papan proyek) di saat melakukan atipfitas pekerjaan, lanjutnya.


Semestinya, sebelum dan di saat pelaksanaan pekerjaan untuk kontraktor seharusnya memasang papan nama informasi proyek agar pengawas lapangan dari instansi terkait dan juga seluruh masyarakat mengetahui dan bisa memonitoring dari pada perkerjaan tersebut.



Dari pantauan Awak Media Dilapangan, Selain Tampa memasang Papan informasi, pekerjaan drainase ini diduga banyak kejanggalan. Salah satunya pemasangan dinding Siring pasang tersebut.


Seharusnya kalau dinding tersebut 20 di bawah, sampai ke atas seharusnya 20 juga. Beda dengan pekerjaan drainase di 2 titik, yaitu di jalan Sadewa LK 3 dan Surabaya, Desa Taman Asri ini, dari bawah 5 atau 10 namun di atas 20. Sudah jelas ini mar'up material demi meraup keuntungan yang besar.


Hingga berita ini di tayangkan, Kepala Desa Taman Asri belum dapat dikonfirmasi, baik dikantor, dirumah, dan melalui via telpon.


REPORTER : CIK WAN

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.