Rabu, 14 September 2022

PROYEK DINAS PENDIDIKAN NILAINYA MILYARAN RUPAIAH ABAIKAN APD.

    9/14/2022   No comments

 



    GUNUNG KIDUL -- proyek pembangunan Rehap SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 

PEKERJAAN : REHAPBILITAS RUANG GURU, RUANG KELAS, RUANG KEPALA SEKOLAH, RUANG LAB KOMPUTER, RUANG TATA USAHA DAN TOILET (JAMBAN).



LOKASI : KAPANEWON RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL. NILAI KONTRAK : 1.543.454.800,00 ( satu milyar lima ratus empat puluh tiga juta empat ratus lima puluh empat ribu delapan ratus rupiah.). SUMBER DANA : DAK2022 SMP 1 RONGKOP. SPK : 153/RKP.1/2.02.14/2022. TANGGSL 14 JULI 2022. SPMK : 152/SPMK/RKP. PELAKSANA : CV.BANGUN INDAH. JASA KONTRUKSI,LEVERANSIR DAN PENGADAAN. jalan yogya wonosari km 21 Gedali,Beji,Patuk,gunungkidul. NPWB,01.992.574.8-545.000.


      Proyek pembangunan gedung sekolah smp tersebut pekerjanya mengabaiakan APD. tanpan memakai alat pelindung kerja. Padahal di lokasi proyek tertera tulisan SEMUA PEKERJA DI PROYEK INI DI LINDUNGI PROGRAM JKK-JKM. BPJS KETENAGAKERJAAN.waktu awak media turun investigasi ke lapangan melihat proyek pembangunan SMP N 1 RONGKOP pekerja tanpa memakai APD. Dan apabila sampai terjadi kecelakaan kerja siapa yang bertanggung jawab. Padahal menurut aturan BPJS pekerja harus memakai alat pelindung kerja. /APD.dan seharusnya pelaksana proyek atau pemborong menindak tegas terhadap pekerja. 



Ada beberapa Undang Undang yang mengatur tentang penggunaan atau pemberian APD kepada pekerja sebagai penunjang Keselamatan dan Kesehatan kerja, diantaranya adalah sebagai berikut.

       

 Undang-undang No.1 tahun 1970 Pasal 3 ayat (1) butir f: Memberikan alat-alat perlindungan diri pada para pekerjaPasal 9 ayat (1) butir c: Pengurus diwajibkan menunjukkan dan menjelaskan pada tiap tenaga kerja baru tentang APD bagi tenaga kerja yang bersangkutan Pasal 12 butir b: Dengan peraturan perundangan diatur kewajiban dan atau hak tenaga kerja untuk memakai APD yang diwajibkan Pasal 14 butir c: Pengurus diwajibkan menyedikan secara cuma-cuma Alat Perlindungan Diri yang diwajibkan pada pekerja dan orang lain yang memasuki tempat kerja.



   Permenakertrans No. Per: 01/Men/1981 Pasal 4 ayat (3) menyebutkan kewajiban pengurus menyediakan secara cuma-cuma Alat Perlindungan Diri yang diwajibkan penggunaanya oleh tenaga kerja yang berada dibawah pimpinannya untuk mencegah sakit Akibat Kerja (PAK).


   Tapi menurut pantauan di lapangan pembiaran masalah APD.dan sampai saat ini pihak pemborong di konfirmasi telpon lewat via whatsapp tidak menjawab dan sampai berita ini naik belum konfirmasi pihak Dinas terkait.

( @nang, S )

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.