Kamis, 08 September 2022

VIRAL PERNYATAAN KETUA DKD DI WHATSAPP; PERAN SAKA NASIONAL INI, KWARDA FIX TIDAK BERPARTISIPASI

    9/08/2022   No comments

 



JATIM -- Peran Saka merupakan Perkemahanan Antar Satuan Karya Pramuka sebagai ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka, berbentuk perkemahan yang akan diselenggarakan oleh Kwartir Nasional.


Diketahui bahwa berdasarkan Surat Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 023 Tahun 2022 tentang Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional, disebutkan bahwa kegiatan akan diselenggarakan pada tanggal 2 sampai dengan 9 Oktober 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dinantikan oleh Pramuka Penegak Pandega di seluruh Indonesia termasuk salah satunya adalah Jawa Timur. Kamis (8/9/2022).


Saat ini di media WhatsApp sedang viral pembahasan mengenai keikutsertaan Pramuka Jawa Timur yang dipastikan tidak akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hal tersebut dinyatakan oleh Ketua DKD dalam grup WhatsApp yang di dalamnya ada seluruh Ketua DKC Pramuka se Jawa Timur.


Berdasarkan pesan yang beredar dan diduga ditulis oleh Ketua Dewan Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Ahmad Fawwaz Robi' Pradana ini, dirinya memastikan bahwa Kwarda Jatim tidak akan berpartisipasi dan akan membuat Peran Saka sendiri yang akan dikemas secara lebih besar.


"Jadi yg jelas, utk Peran Saka Nasional ini, kwarda Fix tidak berpartisipasi. Kemudian saat ini sedang ada wacana yang masih di godok utk membuat Peran Saka sendiri yang lebih besar dan meriah" Tulisnya di Grup WhatsApp.


Pernyataan tersebut kemudian mendapatkan banyak tanggapan dari DKC yang lain salah satunya adalah dari DKC Pamekasan.

Menurut Nurahmad Ketua DKC Pamekasan, mengatakan bahwa tidak berpartisipasinya Pramuka Jawa Timur akan berdampak terhadap anggota Pramuka di Satuan Karya yang telah mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini pun menurut Rahmat juga akan menurunkan keaktifan dan semangat para anggota Pramuka yang ada di SAKA (Satuan Karya).


"yang pasti Satuan Karya telah mengetahui adanya informasi Peran Saka Nasional ini, saya harap mereka tidak menjadi korban dalam polemik antara Kwarda Jatim dengan Kwartir Nasional"


Selain itu, Nurahmad juga menambahkan bahwa potensi anggota Pramuka untuk mengikuti kegiatan Nasional biasanya sangat tinggi, jika kemudian Kwarda tidak akan berpartisipasi pada kegiatan tersebut maka dampaknya adalah para anggota Pramuka yang ada di Cabang, serta bisa berpotensi masalah yang lebih besar karena akan dianggap Kwarda Jatim membuat kegiatan tandingan.


Adapun menurut aktivis Pramuka Jatim Regina Ajeng Istiqomah juga turut memberikan tanggapan dan kritik bahwa giat nasional diadakan tidak setiap tahun, dirinya menghendaki adanya solusi dari pemimpin T/D Jawa Timur, karena hal ini dipastikan berkelanjutan dan tidak ada habisnya jika benalunya tidak diputuskan.


"kami menunggu hasil hasil yang bisa benar-benar menjadi solusi untuk Pramuka Jawa Timur tidak hanya internal Kwarda Jatim, agar hal seperti ini bisa segera usai, karena tidak hanya Peran SAKA, melainkan kegiatan Kwarnas yang lain sangat dinantikan oleh Pramuka Jawa Timur ". Ujarnya.


REPORTER : YOPI

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.