Rabu, 19 Oktober 2022

DIDUGA PENEBANGAN LIAR, KEPALA UPT TERMINAL 16C MULYOSARI METRO BARAT : KAYU BALOK DICACAH LALU DIBAKAR

    10/19/2022   No comments

 



METRO -- Dugaan penebangan Liar Kepala UPT Terminal 16C Mulyojati Metro Barat : Kayu Balok dicacah lalu dibakar.


Dampak akibat penebangan pohon secara liar jadi permasalahan dan kerusakan bagi lingkungan serta ekosistem. Persoalan tersebut bisa terjadi pada hari ini atau masa depan, baik ke manusia maupun ke flora dan fauna.


Contoh terbaru adalah yang terjadi di lingkungan Terminal 16C Mulyojati Metro Barat. Adanya penebangan liar pada sejumlah pohon besar bagi penghijauan. Terlihat sisa potongan kayu ranting berserakan serta tunggul bekas potongan.


Hera selaku Kepala UPT Terminal 16C Mulyojati Metro Barat Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, mengatakan jumlah pohon kayu yang ditebang dan penebangan pohon tersebut telah melalui prosedur.


" Kayu ini di potong, sudah izin kepada pimpinan. Sebenarnya cuma satu, ini kena timpah karena larinya kesini. Kalau dia kesana kena disana. Karena dinarik kesini kena disini," jawab Hera selaku Kepala UPT Terminal 16C Mulyojati Metro Barat, kepada awak media, Selasa ( 17/10).


Kemudian, tim media kembali mempertanyakan jumlah pohon yang sebenarnya di tebang. Bahkan, dirinya menjelaskan pohon - pohon yang telah ditebang telah dibawa oleh sang penebang sebagai upah kerjanya.


" Totalnya berapa ya....yang utama ini yang membahayakan banget. Ada empat pohon semuanya. Kalau kayu yang besar kalau enggak salah dibawa yang motong. Ada sih yang motong Jadi kita minta bantu untuk motong gitu. Kalau upahnya dikasih rokok aja," jelas Hera.


Namun, hal yang aneh disampaikan oleh Hera selaku Kepala UPT Terminal 16C Mulyojati Metro Barat. Jika hasil kayu yang sudah ditebang menjadi bongkahan balok tidak dipergunakan.


" Kayu yang besar balok kemarin di cacah lalu dibakar, ini sama kaya ini masih ada ," tutupnya.


Sementara itu, Said sebagai pemilik kios loket bus yang berlokasi bersebelahan dengan pohon yang ditebang juga ikut berkomentar.


" Dia orang sesuai dengan perjanjian, ngambil kayu upahnya. Enggak tau pak, dibawa kemana itu," ungkap Said.


Penutup, Hera menerangkan jika dahulu pernah terjadi pohon yang ada disekitar wilayah Terminal 16C Mulyojati Metro Barat, menimpa rumah warga.


" Pernah kejadian pak, pohon ini nimpah rumah warga. Apalagi ini musim penghujan, jadi yang ini nimpa kesana ," tutupnya.


Melihat penjelasan yang telah di sampaikan oleh Kepala UPT Terminal 16C Mulyojati Metro Barat, maupun saksi dilokasi penebangan. Terkesan bahwa ada yang ditutupi. Ada dugaan bahwa kayu balok yang sudah ditebang dipergunakan untuk kepentingan pribadi.


Kedepan, tim media ini akan menemui Kadis Perhubungan Provinsi Lampung. Guna mempertanyakan prihal adanya penebangan pohon yang diduga liar. Mengingat, pohon tersebut adalah aset negara dan proses penebangan pohon ada aturan tertentu yang berkaitan erat dengan dinas lingkungan setempat. Agar kelestarian dan penghijauan tetap terjaga dengan baik.(Nur,Asikin.)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.