Sabtu, 29 Oktober 2022

WARGA DESA SEBUBUS KELUH KAN DAMPAK LIMBAH PABRIK PT TBL SAWIT MEGALIR KESUNGAI SEBUBUS

    10/29/2022   No comments

 



SUMSEL -- Kabupaten Banyuasin I Desa Sebubus Tim Awak media mendapatkan temuan laporan warga masyarakat Desa Sebubus mengeluhkan Dampak limbah dari Salah satu pabrik sawit pt. (TBL) yang terletak di kawasan Desa cinta manis Lama Banyuasin I.


Menurut nara sumber menutur kan kepada awak media, pabrik sawit pt TBL memang sudah Ada, Bak penampungan limbah di sediakan oleh Pabrik pt tbl namun masih saja limbah olahan sawit tetap tidak teratasi kelalaian dari pihak pt. Tbl menimbulkan keresahan warga juga berdampak Merugikan warga Desa Sebubus. 



Pasalnya Jika musih hujan luapan limbah dari Pabrik pt. Tbl mengalir kesungai sugai kecil di beberapa desa. Hal tersebut Dihimpun oleh awak media dari keterangan masarakat yang terdampak limbah mengalir Desa perambahan. Sungai desa teluk tengirik Dan sungai desa Sebubus.


Hasil pantauan Tim awak media Kedesa Sebubus terlihat jelas di sepanjang sungai berwarna kekuning kuningan juga tumbuhan nifah dan tumbuhan di sepanjang bibir sungai daunya Berkarat menempel dampak dari limbah tetsebut. 


Terpisah awak media menemui warga desa Sebubus untuk di minta keterangan dampak dari limbah yang mengalir memasuki ke sungai desa Sebubus yaitu Tokoh masarakat Idris. Saat di wawancarai beliau mengatakan Semenjak sungai di desa kami ini terdampak oleh limbah pt tbl ini kami sanggat Merasah dirugikan pak, Air sungai ini biasanya Bisa di gunakan untuk minum. Masak, mencuci sekarang tidak bisa lagi pak kami merasa takut untuk meminumnya ucapnya.


Apakah Bisa di gunakan untuk Mandi?... 

Bisa, TeTapi tidak bisa berlama lama di sungai Karna kalau lama Terasa gatal gatal badan ini, terang idris kepada awak media


Sedangkan Dari pihak Pabrik PT. TBL terkesan tutup mata dan tidak Ada solusi untuk mengatasi permasalahan limbah yang cukup sering terjadi di saat musim Hujan bak penampungan meluap limbahnya mengalir kemana mana 


Warga masarakat desa sebubus secara bersama Sama besar kemukinan apabila persoalan limbah masih saja terjadi dan tidak juga di atasi dari pihak pabrik pt. TBL kami akan melakukan Aksi demo ke kantor gubernur sumsel dan kedinas lingkunggan hidup (DLH) tegas warga desa Sebubus 


Reporter : David. G

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.