News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penyediaan Sanitasi Memberikan Dampak Positif Disampaikan Bupati Sumenep di Sela-sela Sosialisasi DAK Tahun Anggaran 2023

Penyediaan Sanitasi Memberikan Dampak Positif Disampaikan Bupati Sumenep di Sela-sela Sosialisasi DAK Tahun Anggaran 2023


Kabar-Investigasi.com
, Sumenep - Upaya menciptakan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat terus di lakukan pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.


Terbukti  pada tahun ini, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) mendapatkan bantuan program bidang sanitasi untuk 16 desa yang tersebar di 11 kecamatan.


Kegiatan bantuan DAK 2023 berupa pembangunan jamban dan tangki septik individual, pengadaan truk penyedot lumpur tinja dan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi, menggunakan, dan daur ulang) (TPS3R).


“Penyediaan sanitasi yang baik tentu saja memberi dampak peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, serta berefek positif pada peningkatan produktivitas masyarakat,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela Sosialisasi Tingkat Kabupaten Kegiatan DAK Bidang Sanitasi Tahun Angaran 2023, di Taman Wisata Boekit Tawaf, Selasa (21/03/2023).


Pembangunan sanitasi ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, bahkan keberadaan lingkungan yang bersih dan sehat berdampak kepada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).


“Karena itulah, bantuan DAK bidang sanitasi agar digunakan secara tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, dan tepat mutu, supaya memberikan akses sanitasi yang layak dengan memperhatikan kualitas serta sesuai aturan,” terang Bupati.


Bupati mengungkapkan, pihak terkait bersama masyarakat perlu melakukan monitoring dan evaluasi secara terus menerus, agar hasil yang dicapai bisa terwujud sesuai harapan kegiatan dana bidang sanitasi ini.


“Monitoring dan evaluasi yang sulit, namun tetap harus dilakukan bersama-sama supaya programnya bermanfaat dalam rangka membangun kesadaran, untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,”ungakapnya.


Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep Erik Susanto mengungkapkan, rencana kegiatan fisiknya adalah berupa pembangunan jamban dan tangki septik indvidual sebanyak 550 unit, pengadaan truk tinja 1 unit dan pembangunan TPS3R sebanyak 5 unit.


“Total kebutuhan dana fisik serta biaya penunjang sebesar sembilan Miliar Tujuh Ratus Tujuh Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah,” pungkasnya. (Sr)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar artikel dari kabar-investigasi.com.