News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wisudawan Tafidz Al-Qur'an Dan Penguatan Profil Pelajar SDN 11 Langsa

Wisudawan Tafidz Al-Qur'an Dan Penguatan Profil Pelajar SDN 11 Langsa


Kabar-Investigasi.com
, LANGSA- Sekolah Dasar Negeri 11, kecamatan Langsa Kota, kota Langsa, Aceh melakukan pagelaran project penguatan profil pelajar Pancasila P5 dan pelaksanaan wisuda Tafidz Al-Qur’an bagi siswanya yang dilaksanakan di sekolah tersebut Kamis, 16 Maret 2023.


Acara project P5 dan wisuda Tafidz Al-Qur’an di SD Negeri 11 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan kota Langsa,juga dihadiri oleh ibu PJ walikota Langsa, seluruh Kabid dan kasubag dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Langsa, Fasilitator PSP, Komite Sekolah, Geuchik Gampong Daulat serta wali murid SD Negeri 11 Langsa. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa Dra Suhartini MPd, mengapresiasi inovasi yang sudah dilakukan oleh Kepala Sekolah SDN 11 dan kegiatan Pagelaran P5 serta wisuda Tafidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di SDN 11 Kota Langsa, menjadi pilot projek untuk sekolah lain di kota langsa, sebagai sekolah penggerak yang melaksanakan kurikulum merdeka.


Kepala Sekolah SDN 11, Anita Tresia, S.Pd.,M.M. kepada awak media menjelaskan, SDN 11, Kecamatan Langsa Kota merupakan sekolah penggerak yang ditetapkan melalui SK Kemendikbud Ristek, nomor : 0301/C/HK/2022. 


”Pada tahun ajaran 2022/2023 kami SDN 11 Langsa Kota sudah menerapkan dan mengimplementasikan kurikulum merdeka. kurikulum merdeka mencakup tiga tipe kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan secara berdiferensiasi, "jelas Ibu Anita Tresia, S.Pd.,M.M.


Lanjutnya, kedua pembelajaran kokurikuler berupa project penguatan profil pelajar Pancasila yaitu pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan karakter. ketiga ekstrakurikuler.


"Nah, Pada hari ini merupakan acara puncak pagelaran project penguatan profil pelajar Pancasila ( pameran hasil karya peserta didik ) yang mengusung dua tema kearifan lokal dan gaya hidup berkelanjutan, "jelas Anita Tresia, S.Pd.,M.M.


Terlihat dilokasi kegiatan banyak sekali hasil karya siswa yg dipamerkan dan dijual di stand yang di dirikan di lokasi sekolah menurut Fase A, Fase B dan Fase C sesuai jenjang kelas masing – masing.


Seperti berbagai jenis makanan tradisional , Hasil kerajinan siswa dari barang bekas serta berbagai inovasi siswa yang diolah dari limbah sampah.


Pada kesempatan yang sama, ketua Project P5, Diana Ananda, S.Pd didampingi oleh wakil ketua projek Khairunnisa Sir, S.Pd menjelaskan, dalam kegiatan pagelaran Project penguatan profil pelajar Pancasila adalah salah satu upaya pencapaian profil pelajar Pancasila bagi peserta didik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar di lingkungan sekitar dan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.


Di SDN 11 Kota Langsa, kami mengusung tema “Collaboration and creativity for MANDJA based school ” Karena tanpa kolaborasi dan kreativitas yang kuat pagelaran ini tidak akan terlaksana. Pada tahun ajaran 2022/2023 kami mengambil tema Kearifan Lokal yang dilakukan pada semester 1 yaitu, berbagai jenis makanan tradisional dan tarian tradisional.


Selanjutnya pada semester 2 mengambil tema Gaya Hidup berkelanjutan yaitu mengolah barang bekas menjadi hasil kerajinan siswa serta menciptakan inovasi dari berbagai limbah sampah.


"Beragam kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia kebhinekaan global, gotong royong, mandiri kreatif , dan bernalar kritis,” jelasnya.


"Project penguatan profil pelajar Pancasila jika terus diterapkan di seluruh sekolah akan berdampak baik untuk pengembangan karakter karena P5 ini sangat berfokus pada karakter bukan nilai secara kuantitatif,” ujarnya.(red).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar artikel dari kabar-investigasi.com.