News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemerintah Kota Langsa Salurkan Zakat Asnaf Fakir dan Miskin Tahun 2023 Melalui Baitul Mal

Pemerintah Kota Langsa Salurkan Zakat Asnaf Fakir dan Miskin Tahun 2023 Melalui Baitul Mal


Kabar-Investigasi.com
, LANGSA - Pemerintah Kota Langsa melalui Baitul Mal setempat melakukan penyaluran zakat sebesar Rp 831.000.000 kepada asnaf fakir dan miskin tahun 2023, di Aula Cakra Donya BPKD Kota Langsa, Kamis 13 April 2023.



Pj Walikota Langsa Ir Said Mahdum  mengucapkan syukur atas penyaluran zakat asnaf fakir dan miskin yang pengelolaannya menjadi wewenang dan tanggung jawab Baitul Mal Kota Langsa,"



"Berdasarkan laporan yang diterima penyaluran zakat untuk Fakir 1.540 orang x Rp. 150.000 = Rp. 231.000.000. Sementara Miskin 6.000 orang x Rp. 100.000 = Rp. 600.000.000," sebut Said.



Dia mengatakan jumlah penerima keseluruhan asnaf fakir dan miskin  dalam  wilayah  Kota  Langsa  sebanyak  7.540 orang.



Zakat sebagai salah satu Rukun Islam harus mendapat perhatian serius dari umat Islam, dan sebagai upaya untuk menghilangkan kesenjangan serta kecemburuan sosial, dan bagi orang yang tidak menunaikannya berdosa besar, dan harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat (QS.Ali_Imran : 180).



Said menambahkan hal ini menunjukkan betapa zakat merupakan kewajiban yang tidak  bisa  ditawar-tawar. Demikian pula  orang  yang enggan mengeluarkan zakat emas dan perak harta tersebut akan membakar diri mereka dalam neraka jahannam nantinya (QS. At-Taubah : 34-35)



Meneladani jejak Khalifah Abubakar,  Pj. Walikota Langsa juga akan memberikan pertimbangan dan penilaian khusus untuk mempromosikan atau degradasi bagi Kepala  Dinas,  Kepala  Kantor/Badan, dan  Kepala  Sekolah yang peduli atau tidak peduli dengan zakat/infaq, demikian juga  bagi  perusahaan  yang  enggan  mengeluarkan zakat/infaq maka jangan kecewa apabila tidak mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kota Langsa.



"Mari kita tunaikan zakat, infaq dan shadaqah melalui Baitul Mal Kota Langsa   yang   telah mempunyai legalitas untuk   mengelola dana umat demi kesejahteraan umat dan saya ingatkan pula kepada Ketua Baitul Mal Gampong atau Geuchik salurkanlah zakat senif fakir dan senif miskin ini tepat sasaran yang menerima karena ini adalah amanah," tutup Said Mahdum. 



Plt Kepala Baitul Mal Kota Langsa Drs. Ismal A Janan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terutama para Muzaki yang telah mempercayakan zakatnya kepada Baitul Mal.



Ismail A Janan mengingatkan Baitul Mal Gampong agar penyaluran zakat asnaf fakir dan miskin dilakukan tepat sasaran sehingga amanah yang diberikan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh Mustahik (Penerima Zakat).



"Mulai tahun 2023 di seluruh kota Langsa dari 66 desa kita telah membentuk pengurus Baitul Mal Gampong. Jadi mulai tahun ini dan Insya Allah Baitul Mal kota Langsa langsung bermitra," kata Ismail A Janan.



Turut hadir Unsur Forkopimda Kota Langsa, Ketua MPU Kota Langsa, Ketua MAA Kota Langsa, Kalak. BPBD Kota Langsa, Kepala Dinas Sosial Kota Langsa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa, Kepala Dinas Perhubungan Kota Langsa, Kasat. Pol PP dan WH Kota Langsa, Para Camat Dalam Wilayah Kota Langsa, Para Geuchik Dalam Wilayah Kota Langsa, Pengurus Baitul Mal Gampong Dalam Wilayah Kota Langsa."(Han).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar artikel dari kabar-investigasi.com.