News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jadikan Lansia SMART, Rejasari Luncurkan Sekolah Lansia Asih Wreda

Jadikan Lansia SMART, Rejasari Luncurkan Sekolah Lansia Asih Wreda


Kabar-investigasi.com, Banyumas- Orang lanjut usia (lansia) seringkali dianggap sebagai beban. Akibat anggapan tersebut, tidak sedikit lansia yang diabaikan bahkan ditelantarkan. Padahal, jika lansia mendapatkan pendidikan yang baik, lansia bisa menjadi pribadi yang sehat dan tetap produktif. 


Karena itu, pendidikan lansia menjadi satu hal yang penting untuk menjadikan lansia yang sehat mandiri aktif produktif dan bermartabat (SMART), kegiatan didik tersebut dilaksanakan di teras halaman rumah salah satu warga di RW 007 Kelurahan Rejasari Kec Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (24/05/2023) siang.



Plt Camat Purwokerto Barat Galih Prihambodo S.STP dalam sambutanya menyampaikan, Pemkab Banyumas melalui Pemerintah Kecamatan Purwokerto Barat, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, dan P3A meluncurkan sekolah lansia tahun 2023.


"Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, kentongan ini saya pukul, sebagai tanda sekolah lansia di kelurahan Rejasari saya nyatakan dibuka dan mulai beroperasional secara resmi," tandasnya.


Galih menambahkan, dengan adanya peluncuran (Launching) sekolah lansia itu, akan membawa manfaat dan berkah bagi semua, dan dapat mewujudkan tujuh dimensi lansia tangguh, antara lain dimensi spiritual, fisik, vokasional, sosial, lingkungan, hobi dan intelektual.


“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas penyelenggaraan kegiatan peresmian Sekolah Lansia ini. Saya berharap, semoga dengan diresmikannya Sekolah Lansia di Kelurahan Rejasari Purwokerto Barat, dapat menjadi contoh segera terbentuknya Sekolah Lansia di desa/kelurahan lainnya di wilayah Kabupaten Banyumas,” imbuhnya.


Dikesempatan itu, Ketua PKK RW 007 Asma Asiyah menjelaskan, sekolah lansia di Kabupaten Banyumas baru ada tiga wilayah, yaitu Grendeng, Purwokerto Timur, dan Rejasari.


"Menjadi tua adalah sebuah perjalanan hidup yang pasti terjadi. Namun menjadi sehat dan produktif di usia senja adalah pilihan. Menjadi lansia bukanlah akhir dari segalanya, meskipun perubahan fisik dan psikis pasti terjadi. Semua ini hendaknya tidak menjadi penghambat bagi lansia untuk tetap aktif, sesuai dengan kapasitas dan kualitas kesehatannya," tandas Asma.


Selanjutnya, Kepala bidang keluarga berencana DPPPKB, Diah Pancawati memaparkan sekolah lansia merupakan salah satu upaya pendidikan yang diperuntukkan bagi lanjut usia. Pendekatan sekolah lansia merupakan salah satu konsep pendidikan secara informal kepada lanjut usia.


"Sesuai dengan UU RI Nomor 13 Tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, di mana sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia, diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Di antaranya adalah pelayanan pendidikan dan pelatihan," ungkap rincinya Diah.


Saat ditemui dilokasi salah satu calon peserta sekolah lansia Vera (74) menyampaikan pihaknya berterimakasih, serta mengapresiasi adanya sekolah lansia, menjadi ajang silaturrahmi, dan semangat untuk belajar lagi.


"Adanya sekolah lansia saya bisa bersilaturahmi dengan semangat belajar lagi," pungkasnya.


Tampak hadir dilokasi, DPPPKB Kab Banyumas, PLKB, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kec Purwokerto Barat, Lurah Rejasari, Kasi Permas, Pokja 1 TP PKK Kecamatan, Pokja 1 TP PKK Kelurahan, Kader Posyandu lansia Asih Wreda, Ketua RT, Ketua PKK RW 007, Mahasiswa Unsud dan 20 calon peserta didik sekolah lansia. 



Editor     : Agung

Sumber  : Djarmanto-YF2DOI

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar artikel dari kabar-investigasi.com.