News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ziarah ke Makam Pendiri PSHT di Madiun, Pelatih Kangmas Suparno: Siswa Agar Pahami Sejarah dan Ajaran PSHT

Ziarah ke Makam Pendiri PSHT di Madiun, Pelatih Kangmas Suparno: Siswa Agar Pahami Sejarah dan Ajaran PSHT

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Dero Ranting Bringin Cabang Ngawi mengadakan kegiatan Ziarah ke Makam Leluhur PSHT Yang Terletak di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu ( 25/06/2023).


Kabar-investigasi.com, Madiun- Sebagai bentuk penghormatan dan mengenang kepada para pendiri dan leluhur, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Dero Ranting Bringin Cabang Ngawi mengadakan kegiatan ziarah ke makam leluhur PSHT yang terletak di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu ( 25/06/2023).


Rombongan melakukan ziarah ke beberapa makam leluhur dan pendiri SH Terate yang juga Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia, makam Ki Hadjar Hardjo Oetomo, makam RM Imam Koesoepangat, dan makam Kangmas Tarmadji Boedi Harsono.



Selain kegiatan ziarah, para siswa dan warga setempat juga mengunjungi Padepokan Luhur Pilang Bangu Madiun lalu ke Padepokan Agung yang terletak di Jl Merak No.10 dan No.17 Nambangan Kidul, Kota Madiun.



Pada kesempatan itu, Kangmas Suparno selaku panitia memaparkan pihaknya menggunakan tiga armada bus dan berangkat dari Sekretariatan PSHT Ranting Bringin sejak pukul 07.00 WIB, tiba di Padepokan SH Terate Jl Merak No 10 Nambangan Kidul Kota Madiun pukul 11.00 WIB dan rombongan ziarah terdiri dari 61 siswa dan 20 warga yang dikawal oleh 10 Pamter dari Rayon Dero.



"Tujuan kami mengajak seluruh rombongan untuk melakukan napak tilas. Dengan demikian siswa dan warga PSHT Rayon Dero Ranting Bringin ini dapat mengetahui rumah besar PSHT Terate yang ada di Madiun," ujarnya.


Kangmas Suparno yang juga merupakan pelatih Ranting Bringin menambahkan bahwa dalam kegiatan ziarah itu tidak hanya ke makam leluhur saja, rombongan juga mengunjungi tiga Padepokan PSHT. Selain itu juga mengunjungi semua tempat agar seluruh siswa dan warga yang ikut dalam rombongan dapat memahami sejarah dan ajaran PSHT. 



"Kami berharap agar warga PSHT Rayon Dero Ranting Bringin semakin mantap dan komitmen dalam meneruskan ajaran dari para leluhur terdahulu," tandas Kangmas Suparno.


Lebih lanjut, Kangmas Suparno berharap agar adik-adik siswa bila menjadi warga PSHT tidak melupakan asal-usul mereka, seperti yang diungkapkan dalam kata mutiara SH Terate. "Sepiro Adohe Lungamu, Sepiro Duwure Derajat Lan Pangkatmu, Ojo Lali Marang Asalmu" yang berarti seberapapun jauhnya orang SH Terate pergi atau di mana ia berpijak dan seberapa tinggi derajat serta pangkat yang diperoleh seorang warga PSHT jangan sampai mereka melupakan asal-usul mereka.


"Dengan mengadakan kegiatan ziarah ini, diharapkan rasa hormat dan penghargaan terhadap para pendiri dan leluhur PSHT terus ditanamkan dalam diri para anggota PSHT Rayon Dero Ranting Bringin. Semoga mereka semakin terinspirasi dan komitmen dalam mewariskan ajaran-ajaran yang telah diturunkan oleh para leluhur kepada generasi mendatang," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar artikel dari kabar-investigasi.com.