News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dimutasi dari BIN, Jenderal Hat-trick Terbaik Akmil, Seskoad, dan Sesko TNI Masuk Pendidikan Lemhannas

Dimutasi dari BIN, Jenderal Hat-trick Terbaik Akmil, Seskoad, dan Sesko TNI Masuk Pendidikan Lemhannas



Kabar-investigasi.com, Jakarta- Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana TNI Yudo Margono memutasi 172 perwira tinggi TNI. Masuk dalam daftar pejabat yang digeser tersebut yakni Brigjen TNI Lucky Avianto. 


Lucky sebelumnya menjabat Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Badan Intelijen Negara (Kapusdiklat BIN). Jenderal Kopassus lulusan terbaik Akademi Militer 1996 ini digeser dari badan telik sandi pemerintah itu karena mengikuti Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). 


“Brigjen TNI Lucky Avianto, jabatan lama Kapusdiklat BIN, jabatan baru Staf Khusus KSAD dalam rangka Dik. PPSA XXIV Lemhannas,” bunyi salinan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 tanggal 27 April 2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, dikutip Senin (8/5/2023).


3 Jenderal AD Ini Hattrick Lulusan Terbaik Akmil, Seskoad dan Sesko TNI Panglima TNI selanjutnya menunjuk Pamen Denma Mabesad Kolonel Inf Murbianto Adhiwibowo menjadi Kapusdiklat BIN menggantikan Lucky. 


Keputusan ini menjadi promosi bagi Murbianto lantaran dia bakal pecah bintang alias tembus pangkat satu bintang emas di pundak (Brigjen TNI). Hat-trick Lulusan Terbaik Lucky Avianto dikenal sebagai jenderal cerdas di lingkungan TNI. 


Lulusan SMA Taruna Nusantara itu menjadi salah satu dari empat prajurit yang menorehkan sejarah sebagai lulusan terbaik di semua pendidikan formal TNI. Lucky merupakan peraih lencana Adhi Makayasa (lulusan terbaik) Akmil 1996 A. 


Prestasi mentereng itu kembali terulang saat mengikuti Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat A-XLIX TA 2011. 


Jenderal kelahiran 2 Oktober 1974 itu juga tercatat sebagai lulusan terbaik. Demikian pula saat mengikuti Dikreg XLVI Sesko TNI pada 2019. Lagi-lagi serdadu pasukan elite Baret Merah ini menjadi alumnus terbaik. Dalam sejarah TNI, baru empat orang yang bisa mengukir rekor hat-trick (tiga beruntun) ini. Mereka yakni Jenderal TNI (Purn) Budiman, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Lucky Avianto, dan Brigjen TNI Dwi Sasongko.


"Dimutasi dari BIN, Jenderal Hat-trick Terbaik Akmil, Seskoad, dan Sesko TNI Masuk Pendidikan Lemhannas".


2 Dimutasi dari BIN, Jenderal Hat-trick Terbaik Akmil, Seskoad, dan Sesko TNI Masuk Pendidikan Lemhannas Erfan Maaruf Senin, 08 Mei 2023.




Peraih Adhi Makayasa Akmil 1996 A yang Kini Menjadi Kapusdiklat BIN Rekam jejak militer Lucky brilian. Lulus dari Lembah Tidar, dia ditempa di Kopassus. Dimulai dari Danton Yon-23 Grup 2 Kopassus kemudian Danki Yon-23 Grup 2 Kopassus, Lucky terus melesat hingga menjadi Asops Danjen Kopassus (2017-2018). 


Setelah itu dia menjadi Komandan Grup 1. Pernah diterjunkan dalam operasi militer di Maluku dan Aceh, Lucky selanjutnya dipercaya sebagai Danrindam XII/Tanjungpura pada 2001. Satu bintang emas di pundak didapatnya ketika Panglima TNI (kala itu) Jenderal TNI Andika Perkasa memercayainya sebagai Kapusdiklat BIN pada 2022. 


Selain Lucky, sejumlah pati TNI dimutasi menjadi staf khusus KSAD karena mengikuti pendidikan Lemhannas. Mereka antara lain Brigjen TNI Ferry Trisnaputra yang sebelumnya menjabat Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kementerian Pertahanan. 


Kemudian, Brigjen TNI Djonne Ricky Lumintang yang sebelumnya Dirdik Akmil, juga menjadi Staf Khusus KSAD dalam rangka Dik PPSA XXIV Lemhannas. 


Hal sama terjadi di Matra Laut. Direktur G Bais TNI Laksma TNI Liber Sihombing dimutasi menjadi Staf Khusus KSAL dalam rangka Dik PPSA XXIV Lemhannas. Begitu pula Laksma TNI Haris Bima Bayuseto yang sebelumnya Asops Pangkoarmada RI dimutasi menjadi Staf Khusus KSAL karena masuk Lemhannas. 


Di Matra Udara, pati yang mengikuti pendidikan Lemhannas antara lain Marsma TNI Agus Setiawan. Dia dimutasi dari jabatannya yaitu Danlanud Adi Soemarmo menjadi Staf Khusus KSAU.


Ada pula Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah. Prajurit TNI AU yang akrab dengan awak media lantara menjabat Kadispenau itu kini dimutasi menjadi Staf Khusus KSAU, juga dalam rangka Dik PPSA XXIV Lemhannas. 


Panglima Kogabwilhan III Deretan Jenderal TNI Bintang 3 Alumni Akmil 1989, Didominasi Kopassus Top! Duet Jenderal Adhi Makayasa Akmil Pimpin Lembah Tidar Karier Militer Mayjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, Jebolan Akmil 1988 yang Pernah Tugas di Pakistan Pengiriman 15 Calon Pekerja Migran Ilegal ke Malaysia Lewat Jalur Tikus Digagalkan Daftar Jenderal TNI yang Jadi Stafsus KSAD Dudung di Akhir April 2023.(**)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar artikel dari kabar-investigasi.com.